9+ Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja (2021)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu akan interview kerja besok pagi? Sudahkah kamu melakukan persiapan interview? 

Yang akan kamu dapatkan di konten ini:

  1. Hal yang harus dilakukan selama persiapan interview
  2. Cara menjawab pertanyaan interview yang sering diajukan dan ekspektasi perusahaan
  3. Cara memberikan kesan terbaik kepada HRD
  4. Tips percaya diri ketika interview

Good luck!

Pertanyaan Interview Kerja
Contents

Persiapan Interview Kerja

Berikut langkah-langkah praktis agar kamu percaya diri ketika interview kerja:

Melakukan research perusahaan
Perusahaan melihat seberapa kamu niat untuk bekerja dari pengetahuanmu tentang perusahaan tersebut. Cari tahu visi, misi, produk dan jasa yang perusahaan miliki dari website, job portal dan media sosial (LinkedIn, Instagram, Twitter, Facebook, dll). Lalu hal apa yang membuatmu ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Mencocokkan deskripsi pekerjaan dengan kualifikasimu
Tulis daftar deskripsi pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman kerja yang telah kamu lakukan. Highlight poin penting dan tulis pencapaian dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Latihan merespon pertanyaan interview
Sebelum menjawab pertanyaan interview, tarik nafas dalam untuk memberi jeda kamu berpikir dan menimbang lalu menjawab dengan tenang. Katakan jawabanmu dengan runtut, jelas dan tidak keluar dari topik. Untuk latihan, tulis pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan oleh HRD dan latihan berbicara agar kamu lancar dan percaya diri ketika interview.

Be prepared to show and tell
Perusahaan butuh fakta bukan opini, pertanyaan yang mereka tanyakan sebisa mungkin kamu jawab berdasarkan pengalaman kamu.

❌ "ya saya seorang problem solver"

✅ "ketika saya bekerja sebagai Junior Sales di perusahaan sebelumnya, saya membantu menaikkan revenue 5% tim saya dari kuarter sebelumnya, dengan cara ABC"

Jawab dengan tenang dan senyaman mungkin, let it flow. Satu metode yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan interview adalah metode STAR (Situation, Task, Action, Result), metode ini dapat digunakan ketika menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pengalaman kerja/kegiatan yang pernah kamu lakukan.

 

Jawaban interview kerja bukan untuk diingat, jawabanmu adalah hasil respon terhadap pertanyaan interview, jadi pikirkan terlebih dahulu sebelum menjawab, semakin kamu belajar dan mempersiapkan, semakin percaya diri ketika kamu melakukan interview kerja.

Pertanyaan Interview Kerja

Berikut adalah daftar pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD beserta cara menjawabnya, dan apa yang dicari HRD dari jawabanmu.

Ceritakan tentang diri Anda

Perusahaan ingin tahu cara kamu mempresentasikan dirimu dan mengapa kamu sesuai untuk posisi yang ditawarkan, ceritakan diri kamu secara runtut, padat dan jelas:

  1. Jurusan kuliah, mengapa mengambil jurusan tersebut
  2. Kerja pertama kali dimana dan mengapa kerja disana dan keluar dari perusahaan tersebut
  3. Achievement dan tugas apa yang kamu lakukan di perusahaan tersebut
  4. Pelajaran apa yang kamu dapat ketika achieve dan tidak achieve

Bagaimana Anda tahu ada posisi ini?

Seberapa kamu niat untuk bekerja dari posisi yang kamu lamar? Akan lebih baik jika selalu mencatat dimana saja kamu melamar kerja dan lewat platform apa saja.

Ini kesempatan untuk stand out dan menunjukkan bakat kamu. Ceritakan bagaimana kamu tahu posisi tersebut, dari job portal/referensi teman/iklan dari media sosial. Dan ceritakan secara spesifik hal apa yang membuat kamu tertarik terhadap posisi tersebut.

Mengapa Anda tertarik di perusahaan ini?

Well researched. Sebelum melakukan interview sebaiknya kamu melakukan research terlebih dahulu tentang perusahaan dan poin penting apa dari perusahaan yang membuatmu tertarik, dari visi? misi? karyawannya?. Hal apa yang membuat kamu sangat excited ketika mengetahui perusahaan tersebut.

❌ "ya saya suka saja sama perusahaannya, saya lihat akan terus bonafide kedepannya"

✅ "Saya tertarik di perusahaan ini karena tujuan saya adalah membantu orang lain mendapatkan pekerjaan, saya melihat visi dan misi perusahaan ini untuk memberikan lapangan kerja dan mengedukasi para jobseeker, saya merasa tujuan saya selangkah lebih dekat dengan bergabung disini"

Mengapa kami harus merekrut Anda?

Yakinkan perusahaan dengan fakta, sebagai contoh ceritakan pengalaman kerja kamu yang sesuai dengan posisi ini dengan metode STAR (Situation, Task, Action, Result).

Dari hasil mencocokkan deskripsi pekerjaan posisi tersebut dan pengalaman kamu, ini saatnya kamu menjadi bintang untuk pertanyaan ini.

Contoh, ketika kamu kuliah dan pernah mengikuti salah satu organisasi dalam divisi SDM dan memiliki tugas untuk merekrut tim untuk kegiatan kampus.

Pro tips dari perusahaan, perusahaan ingin tahu lebih dalam tentang kamu dengan tujuan kamu sesuai dengan posisi tersebut atau tidak, biasanya perusahaan akan menanyakan pertanyaan lanjutan dari jawabanmu. 

✅ "Salah satu tugas saya ketika mengikuti organisasi kampus dalam divisi SDM, saya memiliki tugas merekrut tim untuk kegiatan kampus, diantaranya ketua tim, finance, marketing (event-fundraising), acara, dan logistik. Ini tugas pertama saya, dari 500 mahasiswa yang melamar, saya merekrut 15 orang. Dan acara tersebut dapat mendonasikan hasil fundraising sebesar 150 juta ke yayasan yang membutuhkan. Ini adalah salah satu pengalaman saya yang cocok dengan posisi ini."

📋 "Apa yang membuatmu yakin merekrut 15 orang ini?"

✅ "Saya memahami tujuan dari kegiatan kampus ini kemudian mencari mahasiswa yang memang memiliki tujuan sama, karena kegiatan ini tim tidak dibayar jadi kami harus mencari tim yang memang mau karena mereka ingin berpartisipasi, bukan untuk mencari nama di kegiatan ini."

📋 "Bagaimana cara kamu sortir 500 pelamar?"

✅ " Saya menggunakan google form yang berisi pertanyaan untuk memudahkan saya dalam menyortir, dari form tersebut saya bisa memilih mahasiswa yang sesuai dari hasil jawaban mereka, dan untuk memastikan fakta dari jawaban tersebut saya memanggil interview, kurang lebih saya interview 50 orang, namun yang sesuai dengan kriteria hanya 15 orang. "

Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan yang sekarang?

Ini adalah pertanyaan interview yang pasti akan ditanyakan ketika kamu memilih resign dari perusahaan. Jangan pernah memberikan kesan negatif terhadap perusahaan lamamu. Berikan respon yang positif untuk jawaban interview ini, dengan melihat kedepan, seperti peluang baru yang akan kamu dapatkan di perusahaan yang kamu tuju, dan mengapa posisi tersebut sesuai denganmu.

Apa kelebihan yang kamu miliki?

Yang sebenarnya perusahaan ingin tahu adalah bagaimana cara kamu menghadapi sebuah situasi dan cara kamu mengatasinya, apakah kelebihanmu dapat memenuhi kebutuhan posisi tersebut atau tidak.

Bukan dengan memberikan opini berisi daftar kelebihan yang kamu miliki.

Kamu dapat menceritakannya dengan metode STAR tentang pengalaman profesional kamu.

    1. Situation : Situasi apa yang sedang terjadi
    2. Task: Tugas apa yang harus kamu capai
    3. Action: Aksi untuk mencapai tugas tersebut
    4. Result: Hasil apa yang kamu dapatkan ketika melakukan tugas tersebut, lebih baik menggunakan data.

Apa kekurangan yang Anda miliki?

Perusahaan ingin melihat kejujuranmu dan apakah kamu sadar memiliki kekurangan? Ini adalah bagian dari self-awareness dan bagaimana kamu mengatasinya.

Kamu bisa menggunakan metode yang sama dengan pertanyaan “Apa kelebihan yang Anda miliki?”.

Biasanya kekurangan terlihat karena kamu kurang memiliki pengalaman dibidang tersebut, misal kamu adalah orang yang selalu nervous atau grogi ketika berbicara dengan orang yang belum kamu kenal dan kamu ingin bekerja sebagai Recruiter di sebuah perusahaan. 

Kamu bisa membuat kekuranganmu ini menjadi suatu kelebihan dengan proses untuk menghadapinya.

Contoh kekurangan dengan menggunakan cerita:

✅ "Saya saat ini masih sering grogi atau nervous ketika berbicara dengan orang yang belum saya kenal, namun saya ingin menjadi Recruiter, menurut saya pekerjaan ini membuat saya lebih dekat dengan tujuan saya untuk membantu orang mendapatkan pekerjaan. Untuk itu saya mengikuti organisasi dan komunitas Daur Bunga dan Zero Waste Indonesia sebagai Campaigner dan mempresentasikan kegiatan kami dengan masyarakat umum untuk melatih kekurangan saya, karena saya yakin dengan melalui proses ini, rasa grogi saya akan berkurang."

Apa rencana Anda dalam 5 tahun kedepan?

Jika HRD menanyakan hal ini, jawablah dengan jujur dan spesifik tentang tujuan kamu kedepannya dengan mempertimbangkan hal berikut:

 

HRD atau interviewer  ingin mengetahui;

    1. Apakah kamu memiliki tujuan yang realistis untuk karirmu
    2. Apakah kamu memiliki ambisi
    3. Apakah posisi yang kamu lamar sejalan dengan tujuan dan perkembangan dirimu

 

Bagi para pelamar kerja mungkin ini terlihat pertanyaan yang susah, namun sebenarnya ini pertanyaan untuk diri sendiri, “Apakah aku akan sukses dalam 5 tahun kedepan? Bagaimana cara aku sukses dalam 5 tahun kedepan? Caranya bagaimana untuk mencapai itu semua?

 

Berikan jeda untuk memikirkan hal ini. Apabila kamu belum yakin 5 tahun kedepan mau jadi apa, kamu bisa melihat pengalaman atau pekerjaan selanjutnya memainkan peran penting dalam membantu kamu membuat keputusan itu.

Berapa gaji yang Anda inginkan?

Sebelum kamu melakukan interview, lakukan research rentang gaji posisi yang kamu lamar melalui beberapa job portal. Jadi kamu memiliki gambaran berapa gaji yang sesuai dengan potensi yang kamu miliki. 

 

Tips untuk menjawab gaji yang diinginkan:

    1. Berikan rentang gaji yang kamu harapkan, misal Rp 5 juta – 8 juta. 8 juta adalah gaji yang kamu harapkan, dan 5 juta adalah minimal gaji yang kamu inginkan.
    2. Tanyakan kembali berapa rentang gaji untuk posisi ini, contoh “Apakah saya boleh tahu rentang gaji untuk posisi ini?”.

Ada pertanyaan untuk saya?

Ini adalah kesempatan kamu untuk bertanya pada interviewer dengan mencari tahu lebih dalam tentang pekerjaan dan perusahaan dari sudut pandang kamu, kamu bisa menanyakan hal berikut:

    1. Role atau posisi yang kamu lamar
    2. Perusahaan
    3. HRD/Interviewer

Contoh pertanyaan untuk role/posisi

✅ "Adakah indikator untuk sukses di posisi ini?"

Contoh pertanyaan untuk mengetahui budaya perusahaan

✅ "Hal favorit apa yang Bapak/Ibu dapatkan ketika bekerja di perusahaan ini?"

Contoh pertanyaan untuk mengetahui pertkembangan perusahaan saat ini

✅ "Kira-kira apa rencana perusahaan ini tahun depan?"

Itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan ketika interview kerja oleh HRD dan tips untuk menjawabnya. Lalu bagaimana caranya memberikan kesan terbaik kepada HRD?

Bagaimana cara memberikan kesan terbaik ketika interview kerja?

First impression atau kesan pertama yang ingin kamu berikan menentukan HRD apakah kamu kandidat yang baik atau bukan dengan pertama kali melihatmu. Tentunya membuat kamu lebih percaya diri. Berikut tipsnya:

Contoh pertanyaan untuk role/posisi

🌟 Dress for success. Tidak berlebihan dan terlihat kamu siap untuk bekerja, kamu bisa meminta pendapat teman atau keluargamu untuk memilih pakaian sebelum interview kerja.

🌟 On time. Kamu pasti tidak ingin membuat HRD menunggu, jika kamu melakukan interview online, pastikan jaringan internet aman, laptop/handphone terisi penuh baterai, cek speaker. Datang 10 menit lebih awal agar kamu bisa mengatur perasaan dan berpikir secara tenang.

🌟 Keep it positive. Selalu berikan jawaban yang positif bukan jawaban yang negatif seperti melarikan diri dari sebuah situasi. Perusahaan tidak ingin merekrut kandidat yang mengatakan hal negatif di perusahaannya.

🌟 Follow up setelah interview. Setelah melakukan interview, ambil waktu untuk mengirimkan email kepada HRD, berikan apresiasi kepada interviewer yang telah memberikan waktunya untuk kamu dan bagaimana kamu antusias dengan posisi yang kamu lamar. Apabila ada hal yang ingin kamu sampaikan ketika interview dan kamu tidak sempat mengatakannya, kamu bisa mengatakannya di email yang kamu kirim."

Apakah kamu terbantu dengan artikel ini?

Tulis komentar kamu dibawah yaah dan share ini ke temanmu yang membutuhkan.

Anggita Firda

Anggita Firda

Career Consultant

TOPIK TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments