3 Langkah Mudah Menjawab “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?”

interview kerja

“Ya saya ingin dapat bekerja disini, kelihatannya menarik.” 

Apabila kamu adalah seorang recruiter, apakah kamu akan merekrut kandidat dengan jawaban tersebut? Jawaban tersebut jelas tidak spesifik, kurang research, dan tidak niat.

“Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” adalah pertanyaan interview yang sangat menentukan perusahaan akan memberikan offer letter atau tidak. Artikel ini akan membantumu:

  1. Memberikan sudut pandang perusahaan dari pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”
  2. Cara menjawab pertanyaan interview dengan runtut dan percaya diri
  3. Alasan kamu adalah kandidat yang tepat untuk bekerja di perusahaan tersebut
  4. Do’s & Don’ts jawaban interview kerja

CONTENTS

Mengapa pertanyaan interview ini sangat penting?

Mari kita berpikir dari sudut pandang perusahaan:

  1. Perusahaan ingin merekrut kandidat yang percaya pada misi perusahaan
  2. Mampu memberikan dampak positif (give positive impact) kepada perusahan, kustomer dan klien
  3. Kandidat yang mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan

Salah satu kunci untuk meyakinkan jawaban dari pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” adalah membalikkan pertanyaan tersebut menjadi “Mengapa perusahaan mau merekrutku?”, dengan kata lain apa yang kamu punya dan apa yang akan kamu berikan, bagaimana cara kamu bisa berkontribusi? Berikut hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk merespon pertanyaan tersebut:

  • Bagaimana caraku membantu perusahaan menjadi sukses? Cari tahu apa yang terjadi di perusahaan saat ini dari website, media sosial, berita terkini. Apakah perusahaan tersebut merubah produk dan penawaran jasanya? Bagaimana tekanan yang sedang mereka hadapi? Lalu, apakah ilmu dan pengalaman yang dimiliki dapat meringankan beban perusahaan saat ini?
  • Kesuksesan karir seperti apa yang memiliki potensi untuk dilakukan lagi di perusahaan ini? Di pekerjaan sebelumnya, bagaimana kamu dapat memenuhi ekspektasi perusahaan? Masalah seperti apa yang dapat kamu selesaikan? Ide apa yang kamu tawarkan agar perusahaan dapat menaikan pendapatan? Pelajaran apa yang kamu dapat dan bisa diaplikasikan di perusahaan selanjutnya?
  • Bagaimana aku bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru? Faktor penting untuk perusahaan merekrut adalah kandidat mampu beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan, setiap perusahaan memiliki gaya kerja yang berbeda, pada iklan lowongan pekerjaan, perusahaan akan menyertakan requirement, contoh entrepreneurial thinking, previously can adapt fast paced work environment. Jika requirement tersebut memenuhi dan cocok dengan kemampuanmu, masukkan hal tersebut ke dalam jawaban interview kerja.

Setelah memiliki pertimbangan dan mindset diatas, kamu dapat menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” dengan langkah berikut:

Antusias! What makes you feel spark joy?

Selalu lakukan research perusahaan. Apa yang menurutmu unik dan membuat kamu merasakan spark joy ketika mengetahui perusahaan tersebut.

Contoh:

Visi dan misi perusahaan selaras dengan tujuan karir/tujuan hidup

Saya melihat visi perusahaan adalah untuk memudahkan masyarakat desa memiliki pendapatan cukup tinggi dari penjualan hasil panen kebun atau sawah, saya memiliki tujuan yang sama dengan perusahaan, saya ingin terlibat dalam menaikkan pendapatan petani di desa sebagai Digital Marketing, karena saya besar dan tumbuh di pedesaan dengan hasil jerih payah orang tua saya sebagai petani, pendapatan mereka tergolong cukup kecil dan musiman, harapan saya dengan bergabung diperusahaan ini, akan membantu petani memiliki kehidupan yang berkecukupan sehari-hari dan mampu menyekolahkan anak mereka.

Melihat perusahaan mampu menggerakkan komunitasnya untuk kegiatan sosial

“Tidak semua perusahaan/orang mampu menggerakkan orang lain untuk melakukan kegiatan sosial di lapangan dan memberikan donasi bagi yang membutuhkan, saya takjub dan ingin ikut berkontribusi di perusahaan sebagai Community Manager agar lebih banyak masyarakat yang terbantu dengan program sosial yang perusahaan jalankan.”

Pernah menggunakan produknya dan memberikan masukan positif

“Saya termasuk pelanggan dari brand perusahaan, saya sangat menyukai bagaimana perusahaan berusaha mengerti user/pelanggan dengan memberikan pertanyaan apa yang pelanggan alami dan jenis kulit pelanggan, sebelum menawarkan produk melalui website. Saya sangat puas dengan layanan tersebut, dan saya percaya bahwa bagaimana perusahaan mampu meyakinkan user/pelanggan, perusahaan juga mampu membuat karyawan untuk tumbuh secara personal dan pekerjaan.”

Think ahead

Setelah menjelaskan keantusiasan tentang perusahaan, saatnya cocokkan kebutuhan perusahaan dengan skill yang dimiliki.

Lihat dari visi & misi perusahaan serta iklan lowongan pekerjaan, bagaimana pengalaman kamu dapat membantu perusahaan menuju tujuannya dengan menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi dan ceritakan mengapa kamu ingin terlibat dalam hal tersebut.

“Saya sudah 2 tahun menjadi Digital Marketing Specialist untuk e-commerce khusus SEO untuk penjualan barang kecantikan, melakukan keyword research, survey dan terjun langsung untuk user interview. Saya melihat perusahaan Anda, saat ini sedang membutuhkan SEO Specialist yang mampu memahami user dan membangun SEO dari awal, di perusahaan saya sekarang saya membangun SEO dari awal dengan melakukan research terlebih dahulu lewat digital marketing tools dan interview pelanggan kami dari sosial media, apa yang mereka cari dan mereka butuhkan, dari hasil survey tersebut saya membuat blog dengan keyword yang sering user gunakan dan hasilnya 10% dari revenue datang dari SEO. Untuk itu saya ingin membantu perusahaan menaikkan pendapatan dengan mengoptimalkan SEO Marketing.”

Review & perjalanan karir karyawan

Kamu bisa mendapatkan review karyawan dari perusahaan tersebut melalui LinkedIn post atau website review perusahaan.

Kamu juga bisa e-mail atau chat melalui LinkedIn kepada salah satu karyawan, dan tanyakan bagaimana pendapat beliau tentang perusahaan, apa yang membuat karyawan tersebut bertahan di perusahaan tersebut.

“Saya ingin bergabung dengan perusahaan ini salah satu alasannya adalah saya melihat profil karyawan dari LinkedIn, melihat perjalanan karir yang cepat dengan beban kerja yang berat. Beliau merintis sebagai Sales Intern 3 bulan lalu menjadi karyawan tetap sebagai Junior Sales 1,5 tahun kemudian Digital Marketing Specialist. Ketika saya berbincang dengan beliau, saya takjub bagaimana perusahaan mampu melihat potensi dan kemampuan karyawannya dan memberikan kesempatan untuk belajar dan berkembang sehingga hasilnya dapat membuat perusahaan mendapatkan revenue lebih baik dari sebelumnya. Dari sinilah saya percaya bahwa saya bertemu dengan perusahaan yang tepat.”

Jangan pernah katakan ini!

Kita sebagai kandidat, pasti bertanya-tanya mengapa interview hanya 5 menit dan tidak mendapatkan kabar lagi dari perusahaan?

Telaah lagi jawaban kamu, dalam melakukan interview kerja, perusahaan akan melihat niat dan cocok atau tidak kandidatnya dari hasil jawaban yang kamu berikan.

Don’ts

  • Saya cuma ingin dapat kerja aja dan keliatannya menarik
  • Saya lihat teman saya gajinya besar diperusahaan ini
  • Saya melamar disini untuk menjadi batu loncatan
  • Saya ingin berkontribusi di perusahaan, saya yakin saya bisa

Perhatikan, semua jawaban tersebut kurang spesifik, tidak detail, kurang research dan terlihat tidak niat. Recruiter akan segera mengakhiri sesi interview jika jawaban kandidat seperti itu. 

Untuk itu pelamar yang akan melakukan interview harus bekerja keras untuk melakukan research, jelas apa yang ingin dicapai dan dilakukan.

Prinsip yang harus selalu diingat sebelum melakukan interview kerja:

  1. Alasan melamar di perusahaan tersebut
  2. Apa yang membuatmu berpikir perusahaan akan merekrutmu
  3. Pain points perusahaan apa saja yang ingin kamu selesaikan (berdasarkan hasil research perusahaan)

Apakah kamu terbantu dengan artikel ini?

Tulis komentar kamu dibawah yaah dan share ini ke temanmu yang membutuhkan.

 

Referensi

Muse

Muse

Roberthalf

Novoresume

RELATED POSTS

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published.