Contoh CV untuk Fresh Graduate (2021)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin secepatnya diterima bekerja?

Berikut hal yang akan kamu pelajari di laman ini:

  • Cara cepat dipanggil wawancara oleh perusahaan hanya dari CV
  • Template CV untuk fresh graduate
  • Do’s & Don’ts saat membuat CV

Nah, jika kamu ingin CV-mu dilirik oleh perusahaan, yuk simak panduan ini!

Contents

Apa itu CV (Curriculum Vitae) & Resume?

CV adalah daftar riwayat hidup dalam Bahasa Latin berarti “perjalanan hidup” berbeda dengan Resume dari Bahasa Perancis yang berarti “ringkasan”. Keduanya digunakan dalam proses melamar kerja hingga dipanggil wawancara oleh perusahaan.

 

CV berisi kronologis seluruh riwayat pendidikan akademik, pengalaman bekerja, dan informasi personal, panjang CV bisa beberapa halaman sedangkan Resume berisi rangkuman singkat tentang pengalaman bekerja/kemampuan/pencapaian disesuaikan dengan lowongan kerja yang ingin dilamar cukup 1 halaman saja.


Penggunaan CV dan Resume di Indonesia bagi fresh graduate untuk melamar kerja sering digabungkan menjadi satu halaman. Namun, apakah dengan penggabungan tersebut kamu akan segera dipanggil wawancara? Lihat cara perusahaan melihat profil kamu di chapter selanjutnya yah.

Bagaimana cara perusahaan melihat CV seorang fresh graduate?

Tahukah kamu, Recruiter hanya butuh 6 detik untuk melihat CV seorang fresh graduate?

Dalam waktu 6 detik, Recruiter akan memberikan penilaian apakah kamu layak untuk wawancara atau tidak. 

Kesan pertama yang kamu berikan melalui CV sangat menentukan pandangan Recruiter, hal pertama yang dilihat dari CV fresh graduate adalah:

  1. Jurusan, IPK, Universitas
  2. Profil Pribadi/Personal Statement/Objective
  3. Pengalaman Magang
  4. Aktivitas Organisasi

Apalagi saat ini banyak perusahaan sudah menggunakan ATS (Applicant Tracking Software) untuk mempercepat proses recruitment, CV yang masuk akan disaring dengan keywords sesuai dengan kebutuhan perusahaan, semakin cepat perusahaan screening CV, semakin cepat juga wawancara akan dilakukan. Jadi CV seperti apa sih yang dilirik oleh perusahaan? Baca chapter berikutnya ya.

Template CV untuk fresh graduate

Bagaimana cara membuat desain CV dengan cepat dan benar? 

Cari desain template CV gratis yang ada di internet! Yup, salah satunya adalah Canva. Download template CV dari salah satu 1346 template CV gratis Canva!

template CV gratis Canva

Jadi kamu tidak perlu menggunakan waktu lebih lama untuk membuat desain dari 0, dengan template Canva CV ini kamu bisa memotong waktu dalam pengerjaannya, perusahaan pun juga lebih mudah membaca poin penting isi profil kamu di setiap kolom/section-nya. 

Cukup dalam 1 halaman, CV berisi singkat, padat dan jelas bukan?

CV Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia?

Nah sekarang penggunaan CV Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia juga perlu diperhatikan dari perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

CV Bahasa Inggris biasa digunakan untuk melamar perusahaan yang baru berdiri atau startup karena mayoritas tim HR/Recruiter perusahaan tersebut sudah terbiasa menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa keduanya. Seperti perusahaan SaaS (Software as a Service), business modern, financial technology.

CV Bahasa Indonesia digunakan ketika melamar:

  1. Perusahaan yang sudah lama berdiri
  2. Industri manufaktur, konstruksi, retail tergantung dari posisi yang dilamar

Tips lainnya untuk tahu kapan menggunakan CV Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia adalah kamu bisa mencari tahu tim HR/Recruiter terbiasa menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia dengan melihat profil mereka melalui LinkedIn, tulis nama perusahaan yang dituju lalu cari title Recruiter/HR.

Lalu, bagaimana cara mengisi setiap section CV untuk fresh graduate? Let’s get started.

Do’s & Don’ts dalam mengisi CV untuk fresh graduate

Bingung CV mau diisi apa saja? Nah, di bagian ini kamu akan belajar mengenai cara mengisi dan contoh curriculum vitae/CV bagi fresh graduate. Lihat salah satu contoh cv lamaran kerja dari Canva yuk.

Contoh CV

Foto profil & nama lengkap

Isi dengan foto profil dan nama lengkap kamu.

Profil pribadi/personal statement/objective

Sebagai pelamar fresh graduate, perusahaan akan melihat cara kamu berpikir dari kalimat yang dituangkan pada profil pribadi.

Mengapa?

Perusahaan ingin melihat sejauh mana kamu memiliki keyakinan yang jelas untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

Terlihat seperti mudah bukan mengisinya?

Do's

Sebelum mengisi profil pribadi, minimal kamu memiliki kejelasan/tujuan dalam bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Be specific!

Ingat, selalu melakukan riset perusahaan yang kamu tuju sebelum melamar kerja. 

Apa yang kamu cari dari perusahaan tersebut? Apakah karena visi/misi? Lingkungan kerja? Income? Bisnisnya? Apa yang membuat kamu tertarik, hingga akhirnya kamu klik tombol “APPLY”.

Lihat dari sisi bisnis, visi dan misi, divisi karyawan, sejarah, sampai hal menarik yang membuat kamu ingin kerja dan berkontribusi disana.

Setelah memiliki tujuan, tuangkan pikiranmu dalam 2-3 kalimat yang menjelaskan mengapa kamu ingin bekerja dan bagaimana kamu menempatkan posisimu di perusahaan tersebut.

Contoh:

“An engineering graduate who wants to work in the field of Human Resources. One of my goals is to help people get the right jobs they deserve and earn income to fulfill their family needs, especially for children. In this company I see my dream will be one step ahead by becoming a Junior Recruiter/Intern Recruiter.

Don'ts

Banyak CV yang masuk ke perusahaan dengan profil pribadi yang sama antara pelamar satu yang lain, salah satunya adalah “cari pengalaman kerja”.

Ini adalah 3 kata jitu yang digunakan para pelamar, kalimat tersebut tidak spesifik, cari pengalaman yang seperti apa yang kamu inginkan? Artikulasi apa yang ingin kamu cari, semua pelamar juga ingin mencari pengalaman, namun perlu dikaji kembali, pengalaman apa yang sejalan dengan tujuanmu?

Jadi, jangan pernah letakkan kalimat tersebut ya, it’s a big NO!

Pengalaman organisasi/intern/part-time/freelance/full time

Isi kolom ini dengan pengalaman yang kamu lakukan ketika bekerja. Jika di profil pribadi perusahaan melihat cara berpikirmu, di kolom ini perusahaan melihat bagaimana cara kamu bekerja di sebuah lingkungan.

Apa yang kamu lakukan di tempat kerja sebelumnya akan mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap profilmu.

Magang/intern adalah salah satu jalan pertamamu dalam mengenal dunia kerja, kamu mengenal lingkungan baru, orang baru, bahkan sistem baru yang belum pernah ditemui semasa kuliah. 

Dengan adanya kata magang/intern di CV sudah menunjukkan kamu memiliki pengalaman kerja, namun pengalaman apa yang kamu miliki?

Do's

Isi dengan fakta dan data, berikut cara mengisi deskripsi pekerjaan:

Sebagai contoh, jika kamu magang/intern untuk posisi Recruiter Intern dan memiliki tujuan untuk merekrut 3 karyawan untuk posisi Digital Marketing Associate dengan deadline 2 minggu.

  • Tulis goal/tujuan kamu dalam posisi pekerjaan.

    My goal is to hire 3 candidates of Digital Marketing Associate in 2 weeks, however I only hired 1 candidate (not achieved, attached explanation)”

  • Tulis cara kamu mencapai tujuan.

    Cara disini adalah langkah yang kamu lakukan ketika mendapat tujuan tersebut, apabila kamu tidak memenuhi tujuan tersebut, tulis alasan mengapa hal itu terjadi. Dari sini perusahaan melihat cara kamu menyelesaikan masalah/problem-solving ketika bekerja.

    1. Gather all requirements of hiring needs to user/Digital Marketing Manager, such as, years of experience, primary and secondary skill of Digital Marketing stuff, candidate’s industry background, projects achievements, university, major, IPK, and ask the reason why the user needs the candidate and why they haven’t found the candidate yet.
    2. Create a priority scale and estimation number of applicants, interviews within 2 weeks from user gathering information.
    3. Doing research where suitable candidates are located and making a list of platforms/websites that have a lot of Digital Marketing candidates.
    4. Create job vacancies.
    5. Conduct CV screening and candidate’s first interview
    6. Hired 1 candidate out of 100 applicants, 10 candidates passed CV screening and interviews, then only 2 people whose expertise and experience matched with the requirement, 1 candidate failed because of not being data-driven. Solution: find candidates by approaching candidate profiles through LinkedIn and not relying solely on job advertisements.

Don'ts

Karena perusahaan menilai cara bekerjamu, isilah sesuai dengan pengalamanmu. Tidak menulis deskripsi yang bertele-tele, fokus pada goal dan task yang kamu kerjakan.

Riwayat pendidikan

Untuk perusahaan swasta di Indonesia, cukup cantumkan pendidikan terakhir pelamar, yang dilihat oleh perusahaan pertama kali di kolom ini adalah jurusan, universitas dan IPK. Untuk fresh graduate yang masih memiliki minim pengalaman, sebaiknya cantumkan IPK, perusahaan bisa menilai cara kamu menempuh semasa kuliah dari IPK. 

Dan sebelum melamar pekerjaan, sebaiknya melakukan riset, apakah jurusan kuliah kamu sesuai dengan pekerjaan yang akan kamu lamar? Bagaimana jika bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah? Berapa orang yang bertahan di pekerjaannya yang sesuai dan tidak sesuai dengan jurusan kuliah? Hal ini menentukan apakah kamu yakin dengan pilihan pekerjaan yang kamu pilih.

Untuk fresh graduate jika ingin bekerja beda bidang dengan jurusan, cari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan requirement “all fresh graduates are welcome”

Jika kamu yakin ingin bekerja di suatu perusahaan, namun requirement mengharuskan dari jurusan tertentu, tulis kalimat yang meyakinkan perusahaan mengapa mereka harus merekrut-mu. (Lihat contoh profil pribadi)

Keahlian/skill yang kamu miliki

Perusahaan akan melihat skill pelamar dari soft skill dan hard skill. Hard skill dicantumkan sesuai pekerjaan yang dilamar. Soft skill adalah kemampuan yang kamu punya dan dapat diaplikasikan dimana saja.

Do's

Tulis soft skill dan hard skill yang kamu miliki sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar, jika kamu melamar sebagai Recruiter Intern, tulis skill yang relevan.

Contoh hard skill adalah recruitment skill (sourcing candidate, interview, hiring process), contoh soft skill adalah attention to detail, effective communication, time management, interpersonal skill (decision making, conflict resolution, problem-solving, negotiation).

Don'ts

Tidak menulis tulis skill yang tidak relevan dengan perusahaan/pekerjaan yang akan dilamar, sebagai contoh tidak menulis technical skill sebagai desainer (AutoCad, 3DS Max, dll) jika kamu melamar Recruiter Intern.

Informasi kontak

Ketika perusahaan sudah yakin untuk melakukan wawancara, hal pertama yang akan dilakukan adalah menghubungimu. Cantumkan:

    1. Nomor handphone
    2. Email
    3. Kota domisili
    4. Tanggal lahir

Tulis dengan benar dan detail informasi pribadimu, fast response ketika ada email, telepon atau chat masuk dari perusahaan. Jika kamu slow response, bisa saja potensi wawancaramu gagal, dari sini perusahaan bisa memberikan penilaian bahwa kamu tidak niat untuk mencari pekerjaan.

Cara cepat dipanggil interview oleh perusahaan adalah dari value CV kamu, perusahaan melihat cara menyampaikan apa yang selama ini kamu lakukan melalui 1 lembar kertas. Ingat, recruiter hanya melihat dalam waktu 6 detik, berikan first impression-mu dengan achievement dan kegiatan yang kamu lakukan semasa kuliah dan diluar kuliah, yakinkan perusahaan dengan tindakanmu.

Nah, sekarang saatnya buat CV versi kamu dari contoh CV fresh graduate diatas.

Sudahkah CV kamu sesuai dengan format CV ini?

Share di kolom komentar yah.

Apakah artikel ini membantu? Share ke temanmu yang membutuhkan.

Anggita Firda

Anggita Firda

Career Consultant

TOPIK TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments